Sunday, May 13, 2018

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan

Kacang tanah adalah suatu cemilan ringan yang sering dimakan seseorang untuk dijadikan cemilan. Kacang dengan ciri khas rasa gurihnya ini adalah makanan cemilan yang mempunyai kandungan gizi serta nutrisi dan vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Kacang tanah sering kali dibawa dan dijadikan makanan ringan disaat sedang duduk duduk bersantai, entah itu diasaat berkumpul, menonton televisi atau disaat ada acara lainnya.



manfaat kacang tanah


Pada makanan ringan yang satu ini terkandung berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang, kandungan tersebut antara lain lemak, tinggi protein, Kolin, kalsium, zat besi, fosforus, lesitin, makanan ringan yang satu ini juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serta mengandung vitamin K.

Kandungan-kandungan kancang tanah tersebut sangat dibidang kesehatan untuk kesehatan tubuh, seperti yang dikutip dari beberapa sumber jika makan kacang tanah secara rutin dan tidak berlebihan sangat baik untuk kesehatan tubuh,  dan berikut ini manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh kita:

Menstabilkan Kolesterol Tubuh

Kolestrol adalah salah satu penyebab yang dapat memicu penyakit jantung, seperti yang diketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi kacang tanah dapat menurunkan serta menstabilkan kolestrol dalam tubuh. Perlu anda ketahui bahwa kandungan asam lemak yang ada pada kacang tanah berkhasiat dalam menurunkan atau menstabilkan kolestrol dalam tubuh. Tentu saja hal tersebut bisa bermanfaat dalam hal mencegah resiko jantung.

Menurunkan kadar Gula Darah

Manfaat kacang tanah yang kedua adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bagi siapa saja yang kerap mengalami kondisi kadar gula darah berlebih/tinggi maka dapat makan kacang tanah secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi tersebut. Banyak para ahli medis yang memberitahukan bahwa mengkonsumsi kacang tanah bisa menurunkan kadar gula darah, hal tersebut disebabkan oleh kandungan mangan yang dimiliki kacang tanah. Mangan merupakan senyawa yang dapat menyerap glukosa yang kadarnya berlebihan yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Menyehatkan kulit


Perlu anda ketahui bahwa kacang dengan ciri khas rasa gurihnya ini juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin E sendiri sangat baik untuk kesehatan dan terutama untuk kulit. Beberapa manfaat vitamin E antara lain dapat mencegah tanda tanda penuaan dini seperti keriput, dan tanda tanda penuaan lainnya.

Mengatasi Stres atau Depresi


Manfaat dari kacang tanah sekanjutnya adalah untuk meringankan depresi, depresi merupakan suatu kondisi masalah karena terlalu banyak beban pikiran. Mengkonsumsi kacang tanah secara rutin dipercaya dapat mengatasi hal tersebut, semua itu dikarenakan zat tryptophan yang terkandung pada kacang tanah, sehingga dengan mengkonsumsinya akan membuat seseorang merasa lebih tenang.

Mencegah dan mengurangi Resiko Batu Empedu

Manfaat mengkonsumsi kacang tanah selanjutnya adalah mengurangi resiko terkena batu empedu. Beberapa pakar ahli medis menerangkan bahwa kandungan yang dimiliki kacang tanah berguna untuk meminimalisir terkena masalah gangguan batu empedu.

Mencegah Kanker

Dan yang terakhir dari manfaat mengkonsumsi kacang tanah adalah mencegah kanker, kanker merupakan suatu penyakit yang berbahaya, maka dari itu kita harus mencegahnya sejak dini. Ternyata dengan mengkonsumsi kacang tanah secara rutin dapat membantu mencegah kanker, karena dia mengandung senyawa yang berguna mencegah kanker yaitu asam p-coumaric yang dapat mencegah penyebaran sel kanker.


Nah itulah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh, ternyata selain rasanya yang gurih kacang tanah juga bermanfaat untuk kesehatan. Demikian sedikit informasi singkat mengenai manfaat kacang tanah, semoga artikel diatas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment