Saturday, May 26, 2018

Mengenal lintah hirudo medicinalis

Lintah adalah salah binatang penghisap darah yang banyak kita temukan disungai, danau maupun rawa-rawa yang airnya belum tercemar oleh limbah-limbah industri. Banyak yang beranggapan bahwa lintah merupakan binatang yang berbahaya, padalah tidak semua lintah itu berbahaya. Seperti halnya lintah hitam, lintah kerbau, lintah papua atau bisa disebut lintah hirudo medicinalis, jenis lintah yang satu ini justru sering kali digunakan untuk terapi pengobatan.

Biasanya jenis lintah yang digunakan untuk pengobatan dari spesies hirudo, lintah jenis ini bahkan sudah banyak yang membudidayakanya . Karena mempunyai manfaat yang luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit, dan terutama adalah masalah penyakit kulit sperti jerawat, bisul dan gusi bengkak. Pengobatan penyakit kulit dapat memanfaatkan terapi sedot lintah atau mengoleskan minyak lintahnya, salah satu minyak lintah papua yang terkenal untuk mengobati penyakit kulit adalah minyak lintah papua.

Untuk itu janganlah kuatir apabila anda menjumpai lintah ketika sedang berkunjung kesungai atau tempat yang lembab lainya, karena lintah bukanlah hewan yang berbahaya. Dan langsung saja berikut ini beberapa ciri dasar hewan lintah yang perlu anda ketahui.



mengenal lintah dan minyak lintah

Ciri Ciri lintah yang mudah diketahui



1. Banyak pengobatan alternatir sedot darah kotor dengan memanfaatkan lintah, jika anda sedang berkunjung ketempat terapi pengobatan lintah, perhatikan dengan seksama bentuk, warna maupun ukuranya. Dengan begitu anda dapat secara langsung mengenali ciri-ciri lintah

2. Ciri lintah yang kedua adalah habitat kesukaan lintah, habitat atau tempat hidup lintah adalah diair atau tempat yang mempunyai kelembaban tinggi diantaranya sungai, rawa, atapun danau.

3. Lintah mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan bergelang-gelang, apabila lintah sedang menghisap darah tubuhnya yang dekat mulut akan terlihat bergelang-gelang

4. Lintah mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan saudaranya yaitu pecet,ukuran lintah kecil diantara 2-3 cm panjang tubuhnya, sedangkan yang sedang seukuran batang korek api, dan yang sudah biasa sekitar jari telunjuk kita, itu adalah ukuran normal sebelum lintah menghisap darah, apabial sudah menghisap darah ukuranya bisa 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya

5. Lintah memiliki alat penghisap di kepala dan ujung belakangnya

6. Ciri lintah yang terakhir adalah berjalan secara merayap seperti cacing, berbeda dengan pecet yang jalanya dengan ujung kepala dan unjung ekornya.

Itulah 6 ciri-ciri lintah yang mudah kita kenali, semoga bisa menambah wawasan

No comments:

Post a Comment