Sunday, May 13, 2018

Manfaat yang tersembunyi dari cengkeh

Selain lada dan pala, cengkeh juga merupakan salah satu rempah asli Indonesia, dan kini kegunaanya sudah dimanfaatkan diberbagai penjuru dunia. Indonesia dan Madagaskar sendiri merupakan negara produsen utama penghasil cengkeh untuk seluruh dunia. Tahukah anda, ternyata pada masa perdagangan internasional dahulu cengkeh memiliki nilai jual yang sangat tinggi, bahkan mengalahkan rempah-rempah jenis lainya.





Cengkeh sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai campuran bumbu masakan, pembuatan minuman, dan untuk pembuatan obat sakit gigi. Rasa pedas, hangat serta aroma khasnya sering kali digunakan untuk berkumur, karena selain menyegarkan mulut juga dapat mengobati sakit gigi. Seperti yang dikutip wikipedia.org bahwa cengkeh yang sudah diolah menjadi minyak mengandung senyawa eugenol, heugenyl asetat, caryophyllene, dan senyawa minor lainnya yang dapat digunakan untuk kesehatan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Untuk mengobati sakit gigi

Sejak dahulu kala dari jaman nenek moyang hingga saat ini minyak cengkeh dipercaya berkhasiat mengobati sakit gigi, kandungan anti bakteri yang terdapat pada minyak cengkeh tersebut berfungsi membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Tidak hanya itu saja, rasa hangat serta aroma khasnya juga dapat menyegarkan mulut. Dan apabila anda sakit gigi, minyak cengkeh dapat anda jadikan solusi untuk mengobatinya. Selain aman digunakan, cara menggunakannya juga mudah, hanya dengan meneteskan minyak cengkeh pada gigi yang berlubang.

2. Mencegah Peradangan
Salah satu kandungan pada minyak cengkeh adalah zat flavanoid, dimana zat tersebut mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi. Dan biasanya penyakit yang bisa disembuhkan dengan minyak cengkeh salah satunya adalah reumatik. Selain itu minyak cengkeh juga dapat meringankan peradangan pada tenggorokan, selain itu rasa pedas hangat dan aroma khasnya dapat meredakan tenggorokan.

3. Menunda ejakulasi dini

Minyak cengkeh ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi ejakulasi dini bagi pria, cengkeh bisa digunakan sebagai pengganti produk hajar jahanam asli. Seperti yang dikutip dari alodokter bahwa minyak cengkeh dapat dibuat sebagai ramuan ejakulasi dini oles dengan cara penggunaan dioleskan pada alat vital pria berkhasiat untuk menunda ejakulasi dini. Pria yang tidak mengoleskan minyak cengkeh akan cenderung mengalami ejakulasi lebih awal jika dibandingkan dengan pria yang mengoleskan minyak cengkeh. Perlu diperhatikan bahwa minyak cengkeh digunakan bukan sebagai pelumas, namun digunakan satu jam sebelum berhubungan intim lalu dicuci bersih. Penggunaan ini tujuanya supaya sensitivitas alat vital pria bisa berkurang, sehingga ejakulasi dapat ditunda.

Itulah beberapa manfaat cengkeh, sebenarnya masih banyak manfaat lainya seperti untuk anti jamur, dan anti bakteri, bahkan dibeberapa daerah minyak cengkeh sering digunakan nelayan untuk membius ikan, agar lebih mudah ditangkap.

No comments:

Post a Comment